Siliwangi Harley-Davidson® of Bandung
JL Wastukencana No. 105, 40116 Bandung

Tips Nyaman Berkendara Jarak Jauh Dengan Motor

Tips Nyaman Berkendara Jarak Jauh Dengan Motor

Kamu termasuk seorang pengendara motor sejati?  Kamu pasti ingin mengendarainya selama mungkin tanpa merasa sesak dan tidak nyaman. Ini adalah masalah yang umum bagi pengendara. Bagaimanapun, tubuh kamu awalnya aman-aman saja dengan semua ini sebelum nantinya perlahan mulai memberi kamu masalah yang tidak dapat kamu abaikan, seperti nyeri punggung bawah dan nyeri sendi. Masalah kesehatan ini sering menyebabkan kamu pulang lebih awal dari yang kamu rencanakan. Untungnya, Siliwangi Harley-Davidson telah mengumpulkan beberapa tips hebat untuk membuat perjalanan kamu lebih nyaman sehingga kamu dapat menikmati touring bersama rekan-rekanmu lebih lama.


  • Cruise Control

    Saat kamu mengendarai mobil, cruise control adalah fitur yang pasti berguna dalam perjalanan jauh. Yang harus kamu lakukan adalah melibatkannya dan anggota tubuh kamu akan mendapatkan istirahat yang sangat dibutuhkan. Fitur ini bisa sama bermanfaatnya pada sepeda motor kamu. Sulit bagi bagian tubuh mana pun untuk tetap berada di posisi yang sama untuk waktu yang lama. Cruise control menawarkan istirahat yang kamu butuhkan tanpa harus mengorbankan kemampuan kamu untuk berkendara dengan aman. Sayangnya, fitur cruise control tidak umum pada motor seperti pada mobil. Ini cenderung hadir sebagai fitur standar pada model touring, jadi kamu yang sering berkendara, kamu bisa mulai mencari sepeda motor dengan fitur ini. 

  • Bahan Bantalan Kursi

Kursi standar di motor kamu mungkin yang termurah untuk dipasang oleh pabrikan, tetapi itu tidak berarti itu yang terbaik buat kamu gunakan lho! Untungnya, ada banyak pilihan bantalan kursi lain untuk dipilih yang akan membuat kamu nyaman duduk untuk waktu yang lama.

Beberapa pilihan tempat duduk adalah bantal tiup sementara yang lain terbuat dari bantalan polimer, yang menggunakan bahan yang sama seperti tempat tidur rumah sakit untuk mencegah terjadinya luka. Pilihan tempat duduk lainnya menggunakan bahan yang nyaman, seperti penutup kulit domba. Dengan semua opsi ini, tidak akan terlalu sulit untuk menemukan solusi tempat duduk yang lebih nyaman untuk sepeda motor kamu.

  • Kaca depan

Cara lain untuk membuat perjalanan kamu saat berkendara dengan motor lebih nyaman adalah dengan kaca depan. Pukulan angin yang konstan terhadap tubuh kamu pasti akan menyebabkan kelelahan. Saat kamu memasang kaca depan, ini akan membantu meningkatkan daya tahan kamu secara keseluruhan. Ini juga akan membantu memblokir ketidaknyamanan lainnya, seperti hujan, serangga, puing-puing, dan sebagainya. Kamu dapat memilih antara kaca depan permanen atau yang dapat dilepas.

  • Hydration Pack

Bukan rahasia lagi bahwa mengendarai sepeda motor adalah aktivitas yang menuntut fisik, mirip dengan olahraga. Ini berarti kamu harus tetap terhidrasi selama proses berlangsung. Dehidrasi dapat dengan cepat merusak perjalanan, dengan efek samping mulai dari rasa haus hingga sakit kepala. Tidak ada yang mau menepi dan melepas sarung tangan dan helm mereka hanya untuk minum seteguk air. Ini bisa diakali dengan memiliki hydratuion pack hands-free yang akan jauh lebih nyaman bagi kamu untuk tetap terhidrasi selama perjalanan kamu tanpa harus melambat.

  • Istirahat & Peregangan

Motor kamu mungkin dibuat untuk digunakan selama berjam-jam, tetapi tubuh kamu tidak. Kamu perlu istirahat yang cukup untuk menghindari kelelahan dan nyeri. Kamu dapat mengambil risiko dan menunggu sampai kamu merasa lelah, tetapi pada akhirnya kamu akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk pulih ketika kamu menempuh rute ini. Istirahat mencegah kamu menghadapi situasi tidak nyaman ini dan memungkinkan kamu bisa berkendara lebih lama.

Faktor lain yang perlu diingat adalah peregangan. Kamu tentu tidak akan pergi ke gym dan memulai latihan yang intens tanpa sedikit peregangan. Konsep yang sama berlaku untuk mengendarai sepeda motor. Buat titik untuk meregangkan setiap kelompok otot yang akan kamu gunakan di jalan, seperti kaki, lengan, leher, inti, dan bahu kamu. Ini membantu mengurangi rasa sakit yang mungkin timbul di tengah perjalanan kamu.

Jadi, apakah kamu siap berkendara dengan nyaman bersama rekan-rekanmu?