Menikmati Keindahan Dunia Bersama Harley-Davidson

Apa pentingnya untuk mengeksplor dunia sekitar? Ada beberapa manfaat kenapa kita harus mengeksplor dunia ini. Diantaranya yaitu:

  • Kita bisa belajar dan mengerti budaya yang berbeda dengan kita
  • Mengerti bagaimana warga lokal mempertahankan tradisinya
  • Mengerti bagaimana warga lokal menciptakan masakan mereka
  • Mengerti bagaimana mereka bisa berpikiran terbuka dengan kita
  • Mengerti bagaimana kita mempunyai cara untuk berbaur dengan mereka

 

Touring tidak hanya sebatas kita berpergian, bercanda tawa dengan kawan touring kita, bersusah senang dengan kawan touring kita, tetapi kita punya pengalaman dengan budaya yang baru untuk kita, budaya yang membuat kita terbuka dengan dunia luar. Kita sebisa mungkin harus bisa untuk mengenali budaya lain, dan menghormatinya, agar budaya yang kita punya itu bisa dihormati oleh orang lain. Ketika kita tidak menghormati budaya orang lain, kemungkinan budaya kita akan dipandang rendah oleh orang lain.

Ketika kita akan melakukan touring, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya adalah:

  • Persiapkan budget
  • Memperhatikan masa berlaku paspor (untuk touring ke luar negeri)
  • Browsing internet
  • Biaya sewa kendaraan (kalau kamu malas untuk touring jauh, hanya ingin touring di sekitarnya contoh keliling Eropa)
  • Biaya akomodasi, bensin, makan, parkir
  • Biaya transportasi (kapal, pesawat)
  • Biaya Visa untuk touring ke luar negeri (terkecuali Asia Tenggara)
  • Rute perjalanan
  • Perlengkapan yang harus dibawa (riding gear, long john untuk touring musim dingin, kaos, sepatu, jas hujan)
  • Cek kondisi helm
  • Persiapkan chatterbox (ini merupakan perangkat optional)

 

Mempersiapkan budget sebelum memulai touring itu harus diperhatikan, termasuk penukaran uang ketika touring di luar negeri. Hal ini untuk mencegah jangan sampai selama touring, kita kehabisan uang. Oleh karena itu, sebaiknya dalam mempersiapkan budget, harus dipersiapkan budget cadangan, agar kita tidak cepat kehabisan uang. 

Disamping itu pula, keberadaan internet pada saat ini mudah sekali untuk diakses. Ada baiknya ketika kita akan melakukan touring, sebaiknya kita cari tahu terlebih dahulu tujuan touring kita. Misalkan kamu mau ke Flores, kita bisa cari tahu rute-rute perjalanan disana. Kita bisa browsing keindahan danau Kelimutu melalui internet, bagaimana caranya kita kesana, itu bisa diakses melalui internet. 

Google Maps merupakan teman terbaik kita untuk mencari rute-rute jalan. Itu bisa di download melalui App Store di iOS atau Play Store di Android. Di google maps, kita bisa mengecek kondisi jalan apakah macet atau tidak, mengecek kontur jalan melalui foto, menghitung jarak kilometer dari poin satu ke poin berikutnya, mengecek lokasi pom bensin terdekat, akomodasi yang ada di daerah yang kita cari, semuanya ada di Google maps. Google maps menyediakan semua yang dibutuhkan selama touring, karena ini merupakan salah satu sistem navigasi terbaik di dunia. 

Yang paling penting dalam touring ini adalah, bagaimana kita bisa menyiapkan budget untuk akomodasi, bensin, dan makan. Kembali lagi, Internet merupakan senjata kita untuk mencari informasi harga untuk akomodasi, bensin, dan makan. Misal kamu sedang mencari restoran dalam perjalanan dari poin a ke poin b, kamu bisa mencarinya melalui internet, dan kamu bisa mencari harga dari makanan yang dijual. Sehingga, ketika kamu sudah sepakat memilih restoran itu, kamu sudah tahu sedari awal harga makanan-makanan dari restoran yang kamu pilih. Begitu pun juga untuk akomodasi dan bensin. 

Memperhatikan kondisi dari riding gear juga merupakan salah satu keharusan. Riding gear disini termasuk jaket dengan pelindung, helm, sarung tangan, celana, dsb. Ketika kondisi dari riding gear tersebut sudah tidak layak pakai, pertimbangkan untuk membeli yang baru, sebab jika sudah rusak, itu bisa berimbas kepada kenyamanan berkendara, padahal kenyamanan berkendara merupakan satu hal yang cukup penting. 

Begitu pun dengan kondisi helm. Kebersihan visor helm merupakan hal yang sangat penting, karena itu menyangkut keamanan berkendara. Ketika visor helm sudah mengalami jamur, ada baiknya untuk mengganti dengan yang baru. Itu bisa berakibat fatal.

Ketika semua sudah dalam keadaan aman, ada baiknya untuk mengecek kendaraan sebelum melakukan perjalanan jauh. Dealer Harley-Davidson menyediakan jasa check-up untuk motor-motor kesayangan kamu, agar perjalanan jauh terasa aman dan menyenangkan. Jikapun tidak sempat untuk melakukan check-up di dealer, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut adalah hal-hal yang perlu dilakukan dalam pengecekan motor sebelum melakukan perjalanan:

  • Periksa tekanan ban
  • Periksa kondisi ban
  • Periksa voltase aki
  • Periksa oli kopling, mesin, derby cover
  • Periksa minyak rem, kampas rem
  • Periksa selang bensin
  • Periksa sensor-sensor, termasuk speed sensor
  • Periksa kelengkapan surat-surat kendaraan bermotor dan izin mengemudi kamu
  • Periksa fungsi-fungsi kendaraan seperti lampu rem, lampu utama, lampu belakang, speedometer, meteran bensin
  • Periksa kelengkapan lain seperti saddlebag, engine guard, windshield jika ada

 

Ketika semua sudah siap, baru lah kamu bisa memulai perjalanan kamu. Tentukan arah dan tujuan kamu di aplikasi navigasi, nyalakan motor, dan mulai lah perjalanan kamu sambil menikmati indahnya dunia. 

Ada beberapa rute perjalanan yang bisa dijadikan oleh kamu referensi untuk touring. Berikut adalah rekomendasi dari kami:

1. Great Ocean Road, Australia

be411f0e9841b01aec9840549faba4f7_62d2b677355bb805.jpg

Sebuah pengalaman yang cukup mengesankan untuk menjajal salah satu rute terindah di dunia ini. Rute Melbourne-Warnambool menempuh perjalanan sekitar 300 kilometer, dan kamu akan disuguhkan dengan kontur jalan yang sangat baik, kelokan-kelokan, dan kamu disuguhkan dengan pemkamungan lautan dan tebing-tebing yang tinggi. 

2. Atlantic Ocean Road, Norwegia

bcd139b4c837fdaedf7660d386e4366d_6df73853f6a6cfc3.jpg

Sebuah kebanggaan bagi kami untuk memperkenalkan rute ini kepada kamu. Ini adalah salah satu rute perjalanan indah di dunia. Disini akan kamu temukan pemkamungan laut yang indah, jembatan yang menyeberangi beberapa pulau kecil, disertai angin yang tidak terlalu kencang, membuat rute ini menjadi pilihan bagi beberapa bikers. 

3. Laerdal Tunnel, Norwegia

fcb8963fe7cc5067854953e87256a03d_9e106741602e98b1.jpg

Kembali ke Norwegia, ini adalah Laerdal tunnel, sebuah terowongan unik dan mungkin terowongan terpanjang yang pernah kami lalui. Disini, kamu akan berkendara dengan motor kamu sejauh 11 kilometer, dan kamu akan melihat lampu-lampu cantik di kanan, kiri dan atas kamu. Jika kamu merasa bosan di dalam terowongan, ada satu spot kecil di terowongan ini untuk berhenti sejenak, berfoto-foto di dalam terowongan cantik ini.

4. Geopark Ciletuh, Indonesia

1d2b7d2e0a5448aaab08bbf1c6659ee7_94c5edc9f1c5e1f7.jpg

Dari tanah air, kami memperkenalkan salah satu rute terbaik. Ciletuh merupakan sebuah objek wisata yang ada di Jawa Barat. Rute yang kamu akan temukan memiliki karakteristik menanjak, disertai dengan aspal yang baik. Pemkamungan yang dimiliki sangat menakjubkan seperti gunung2, laut, tebing, sawah-sawah. Disini, kamu akan menemui jalan-jalan yang berliku, tajam, tetapi ketika kamu mencapai puncak, semua rasa lelah akan terbayarkan.

5. Baluran, Jawa Timur

84febdcbb6574479a6eba894f56d580a_ad15d0b889b4324b.jpg

Sulit rasanya untuk bilang tidak pada tempat ini. Ini adalah Baluran yang terletak di ujung timur provinsi Jawa Timur, rute antara Probolinggo dan Banyuwangi. Mungkin bisa kami bilang, ini adalah salah satu rute dengan aspal terbaik di negeri ini. Kontur jalan yang dipakai sama seperti yang dipakai jalanan-jalanan di luar negeri. Selain itu, pemkamungan gunung Baluran, pepohonan kering, tersaji juga di rute ini. 

 

Demikian tulisan ini kami buat. Apapun yang kamu persiapkan sebelum kamu berangkat, pastikan semua harus dalam keadaan baik, dan tentukan mau kemana kamu pergi. Kita berjumpa lagi pada tulisan selanjutnya. Salam bikers! (@aribawaper)